Selasa, 19 Juni 2012

Misteri Kematian Seorang Casanova by S. Mara Gd


Sekali lagi, beri applause yang meriah untuk pasangan Kosasih-Gozali...

Kali ini kasus yang dihadapi adalah sebuah kasus pembunuhan terhadap anggota band Casanova. Jack Permana, si vokalis band, ditemukan tewas di sebuah kamar ketika sedang berlangsung pesta ulang tahun rekan gaul-nya. FYI, rekan gaul Jack ini ialah segerombolan anak SMA yang hobinya bersenang-senang, berpesta, bahkan mabuk-mabukan. Yang menjadi dilema bagi Kapten Polisi Kosasih ialah, tanpa disengaja putranya Bambang berada di TKP! Dia diajak oleh kenalan wanitanya yang baru dikenal hanya beberapa hari saja di sebuah toko buku.

Pembunuhan ini minim saksi, namun beraninya, sang pembunuh membunuh di sela-sela keramaian pesta yang berlangsung begitu meriah yang kira-kira dihadiri oleh 70an orang yang kebanyakan masih ABG. Diantara banyak anak-anak ABG ini, terselip beberapa pemuda berumur 20-an yang memang dibawa oleh para ABG ini. Nah, tugas Kosasih-Gozali lah untuk mencari pembunuh yang bersembuny diantara 70an orang ini.

Seperti yang biasa saya bilang, buku berawalan Misteri karangan S. Mara Gd, selalu keren. Walaupun buku ini terbit di tahun 1988, namun ternyata telah banyak pergaulan-pergaulan tidak pantas yang dilakukan oleh anak-anak SMA di jaman itu. Ini bisa menjadi pengetahuan tersendiri, dimana di buku ini digambarkan bahwa pesta ulang tahun yang bermodalkan besar (duit orangtua), disertai dengan suguhan live music, serta minuman keras dan perilaku seks bebas telah terjadi di buku ini. Siapa yang dapat membantah kalau kejadian-kejadian sepeti yang dituangkan di buku ini tidak terjadi di kehidupan nyata di waktu itu? Itu tahun 1988 lho, bisa dibayangkan sekarang tahun 2012 seperti apa, apalagi dengan makin canggihnya teknologi dan pergaulan yang semakin bebas. Back to book, cerita yang ditulis oleh S. Mara Gd ini sungguh sangat mengalir. Dengan per-bab-nya ditandai hari dan tanggal, maka pembaca tidak akan kesulitan merunut peristiwa hari demi hari. Selain itu alur di buku ini terus maju, sehingga kata-kata saya tentang mengalir tadi dapat dibuktikan. Apalagi, cerita dari buku ini juga sangat dramatis. Bagaimana kematian Jack akhirnya terungkap setelah penyelidikan yang lumayan lama dan banyaknya orang yang diperiksa terkait kasus ini.

Well, tanpa banyak spoiler lagi, buku ini pas bagi pecinta kisah detektif, saya beri rate 5 dari 5 untuk buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar