Minggu, 17 Februari 2013

Detektif Wanita: Kinsey Millhone




Kinsey Millhone. Sebuah nama detektif baru bagi saya. Buku karangan Sue Grafton ini sebenarnya cukup menarik jika ditilik dari segi judul. Alphabetical Mistery. Ya, buku-buku Sue Grafton ini judul-judulnya diawali dari huruf-huruf alfabet. Contohnya: A is for Alibi. B is for Burglar, dan lain-lain. Info di Goodreads, buku ini telah mencapai seri ke duapuluh dua, luar biasa!

Kinsey Millhone ini seorang detektif swasta, mantan polisi dan masih tertarik dengan dunia-dunia kriminalitas, makanya ia membuka kantor detektif sendiri. Mengenai kelebihan Kinsey sendiri, dari buku yang saya baca ini saya kurang bisa menangkap kelebihan dan keahlian khasnya, entahlah. Yang agak luar biasa mungkin kegigihannya dalam menyelidiki suatu hal, perjalanan jauh pun ia tempuh demi memecahkan teka-teki, tapi sayang, saya kurang menangkap strategi-strategi yang mungkin ia lakukan dalam memecahkan misteri yang diselidikinya. Oh ya, mungkin ada lagi salah satu kelebihannya, yaitu sedikit beladiri dan menembak, lumayan lah Kinsey. Eh tapi yang terbukti baru beladirinya deng, kalau menembaknya mah cuma pas dia latihan aja.

Cerita di buku ini bermula ketika Kinsey diminta menyelidiki misteri hilangnya seorang janda kaya cantik, Elaine Boldt. Sang pelapor adalah adik dari Elaine, yaitu Beverly. Setelah berjuang dengan cukup susah payah, akhirnya Kinsey mulai menemukan titik terang. Petunjuk-petunjuk yang ada mulai terkuak, dan akhirnya diketahuilah bahwa sebenarnya Elaine tidaklah hilang, tetapi beliau mati terbunuh, dibunuh lebih tepatnya. Namun menjelang kasus ini terkuak, Beverly tiba-tiba membatalkan kontrak mereka dan Kinsey pun dalam persimpangan, apakah kasus ini akan ia lanjut selidiki atau ia cukupkan sampai disini.

Sebuah cerita detektif yang menurut saya kurang detektif. Tidak ada metode khusus dari Kinsey dalam menyelidikinya. Hm, sebelumnya, saya akan menyinggung terlebih dahulu judul terjemahan buku ini. Judul yang menurut saya agak janggal: Misteri Hilangnya Sang Adik. Kenapa janggal? Karena jelas-jelas yang menghilang itu Elaine, kakak dari Beverly, bukan adik! Entah, penerbit sekaliber Dastan bisa keliru sefatal ini. Apakah mungkin gara-gara penyebutan sister di dalam bahasa inggris yang memang mempunyai arti yang lumayan rancu antara kakak atau adik? Hal kedua, mengenai judul aslinya: B is for Burglar. Burglar terjemahan Indonesia bebasnya adalah maling, pencuri. Oh ya, tapi kok di buku ini gak ada sama sekali kejadian curi-mencuri yang sangat dominan. Apakah maksud si penulis mengambil kata “maling” ini untuk seseorang yang “mencuri” identitas seorang lainnya *ups spoiler*, atau hanya sekedar mencari padanan kata yang cocok untuk inisial B? Hanya Tuhan dan penulis yang tahu.

Dari segi cerita, ah... terlalu bertele-tele. Saya tidak menemukan keseruan layaknya saya membaca cerita detektif semisal Gozali di dalam buku-buku karangan S. Mara Gd. Yah, bisa disimpulkan sedikit kalau karya penulis Indonesia lebih seru dibandingkan karya terjemahan, hehe. Membaca buku ini terlalu banyak hal-hal kurang penting yang dibahas. Juga agak banyak hal-hal lain yang kurang jelas juntrungannya. Seperti misal, tiba-tiba Beverly membatalkan kontrak dengan Kinsey. Setelah itu, tak diceritakan lagi kemana Beverly, seolah tiba-tiba saja si adik lepas tangan atas kehilangan kakaknya. Well, memang sih mereka kurang akur, tapi ya setidakpedulinya, pastilah ada kepedulian walaupun sedikit antar-saudara. Tapi disini sama sekali tidak ada.

Jadi, kesimpulan saya adalah kasus di buku ini dapat dibuat lebih simple tanpa harus berputar-putar dan membuat lelah. Yah, bayangkan saja begini. Ending dan klimaks dari buku ini bisa disebut hanya terjadi beberapa halaman saja di akhir buku. Pengungkapan kasus ini, siapa pelaku yang sebenarnya, apa yang terjadi pada Elaine, hanya diceritakan dalam porsi yang sangat tipis dibandingkan dengan ketebalan buku secara umum.

Yah, tetapi lumayan juga menambah khasanah tentang detektif-detektif fiksi yang ada di buku, selain itu, buku ini juga saya baca guna memenuhi tantangan baca bareng yang diadakan oleh @HobbyBuku dalam MisteryReadingChallenge, kalau tidak ada tantangan ini mungkin saja buku ini bakal lebih lama lagi tidak tersentuh. Tapi maaf, hanya dua bintang untuk mbak Kinsey Millhone.


Judul: B is for Burglar
Penulis: Sue Grafton
Penerbit: Dastan Books
Tebal: 320 hal.
Rate: 2/5

7 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. jadi favoritnya tetep S. Mara Gd ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mas Tez! :D

      Hapus
  3. Wew, baru kali ini tau ada novel detektif wanita. tapi cuma dua bintang yak *kapan kapan cumi aja kalo gituh X)

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D
      beli juga waktu itu murah banget kok, lagi obral :D

      Hapus
  4. buku kedua memang lebih singkat, buku pertama masih lebih lumayan problematikanya, kisah ini berseri, jadi walau kasusnya berbeda, perkembangan karakter tokoh utama mengikuti acuan serialnya, sayangnya sang penerbit tdk melanjutkan kisah ini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup.. saya gak punya yang A is for Alibi, huhuhuhuh :(

      cuma ampe C ya dastan, kenapa ya kira2?

      Hapus