Sabtu, 19 Oktober 2013

Alfie si Kura-kura: Esio Trot



Ini buku pertama Roald Dahl yang saya baca. Cuma setebal 68 halaman, fontnya juga lumayan gede, yakin deh bisa cepet bacanya. Judul buku ini Esio Trot, membingungkan bagi yang belum paham isi buku ini, tapi bakal sangat menghibur bagi yang sudah membacanya.

Inti cerita ini sederhana, Mr. Hoppy jatuh cinta kepada Mrs. Silver, keduanya bisa dibilang sudah berusia separuh baya. Mr. Hoppy seorang pensiunan, sedangkan Mrs. Silver seorang janda. Mereka tinggal dalam satu apartemen yang sama, namun berbeda lantai. Nah, karena Mr. Hoppy tinggal di atas, maka dari balkonnya ia dapat melihat Mr. Silver di lantai bawahnya, tentunya di balkonnya juga. Mr. Silver ini punya seekor kura-kura bernama Alfie yang disayanginya sudah seperti anaknya sendiri. Mr. Hoppy pun ingin disayangi seperti itu, ia pun mendapat akal begitu mendengar Mrs. Silver mengeluh bahwa Alfie beratnya tidak naik-naik. Dengan bantuan bahasa kura-kura dan alat penangkap kura-kura, Mr. Hoppy pun memulai usahanya untuk membuat kegalauan Mrs. Silver hilang.

Inti dari buku ini memang menceritakan tentang kura-kura. Yang saya sukai, ada juga catatan penulis tentang sejarah kura-kura di Inggris sana, dan cerita yang Roald Dahl karang ini memang berdasarkan kisah nyatanya memelihara kura-kura ketika ia kecil. Bukan itu saja, ada lagi sebuah hal yang terinspirasi dari kisah hidup RD yang diaplikasikan di Esio Trot ini. Apa itu? Baca sendiri untuk mengetahuinya.

Kesan saya membaca buku ini ialah salut kepada Roald Dahl. Bagaimana ia mampu mencipatakan sebuah cerita dari kehidupan sehari-hari dan juga masuk akal. Belum ada hal-hal aneh yang dimasukkan Roald Dahl ke dalam buku ini sehingga bisa dibilang cerita ini logis dan masuk akal, bagi anak-anak sekalipun. Bahasa kura-kura yang ia ciptakan pun dapat membuat pembaca tersenyum-senyum.


Pesan moral yang dapat diperoleh dari buku ini ialah, bagaimana seseorang yang gigih akan mendapatkan apa yang dicita-citakannya, tentu saja hal itu mesti dibarengi oleh usaha dan akal serta kerja keras guna mencapainya. Sebuah pesan moral yang wajib disampaikan kepada anak-anak apabila suatu saat cerita ini disampaikan kepada mereka melalui cerita, baik disaat senggang maupun di kala sebelum tidur. Cerita dari buku ini cocok untuk segala usia, buku yang sangat saya rekomendasikan, lima bintang.


Judul: Esio Trot
Penulis: Roald Dahl
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 68 hal.
Tahun Terbit: 1989 (1st) / 2006 (read)
Rate: 5/5
Rekomendasi Usia: Semua Umur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar