Selasa, 12 Juni 2012

Menunggu Lampu Hijau



Di sebuah mobil sewaan...

Ah, sampai juga akhirnya gue di Sumatera Barat. Ya, gue tau ini bukan Padang, tapi gak rugi juga nyasar ke Bukittinggi, bisa lihat jam gadang yang terkenal itu. Sebelah mana ya jamnya, kok belum kelihatan? Malah adanya lampu merah di depan sana, ah, mana gak ada indikator waktunya pula tuh lampu merah.

Mobil pun berhenti di belakang zebra cross, karena memang lampu sedang merah.

Tumben ya jalanan sepi begini, sambil ngubek-ngubek isi laci mobil sewaan, Wah, ada teropong juga di mobil ini, sesuatu banget, kayanya ketinggalan nih penyewa sebelumnya.

TEEEEEEEEEEEEEEETTTT, tiba-tiba suara klakson mengagetkan, dan mobil yang mengklakson tadi menerobos lampu merah.

Gila kali ya, mentang-mentang yang punya daerah, lampu merah diterobos aja. Daripada bengong nunggu lampu hijau, mening iseng-iseng gue pake nih teropong.

Setelah browse sana-sini.

Waaaaah, ternyata jam gadangnya udah deket, keliatan jelas banget tuh di depan. Eh, tapi kok ada badut-badut segala ya, apa lagi ada event ya? Ih, mau-mauan juga jadi badut, mana kostumnya gak banget lagi. Ogah deh gue kalo disuruh jadi Winnie the Pooh atau Teletubbies. Pandangan beralih ke arah jam gadang. Hehehe, ternyata bener juga gue browsing selama ini kalo jam gadang ini angka empat romawinya pake “IIII” bukan “IV”, sayangnya kejauhan nih, belum bisa mengabadikannya deh gue.

TEEEEEEEEEEEEEEETTTT, suara klakson kedua kembali mengagetkan, dan mobil yang mengklakson lagi-lagi menerobos lampu merah.

Weleh, gue diklakson lagi. Tuh mobil nerobos lampu merah juga pula, apa udah gak pada sadar hukum ya orang-orang sini, parah banget. Errr, nyampe mana tadi gue meneropongnya ya, jadi lupa gara-gara klakson sialan itu, udahan aja ah, takut rusak juga nih teropong. Teropong dikembalikan ke tempatnya. Ngomong-ngomong ini lampu merah lama amat ya, udah hampir 3 menit belum berubah-berubah, mana perut laper pula.

TETOTETOTETOTET, klakson ketiga, kali ini si pengendara mobil berklakson unik senyum-senyum sendiri ke arah mobil sewaan.

Sial, dizolimi lagi gue, mana tuh orang pake senyum-senyum segala, udah ngelanggar peraturan tapi gak ngerasa bersalah, ya Tuhan, ampunilah bangsamu ini. By the way, udah hampir 5 menit nih, apa rusak ya lampu merah ini, kok gak berubah-rubah warna. Argh...

Tok...Tok...Tok..., tiba-tiba kaca jendela mobil diketuk dari luar.

Siapa pula ini, orang lagi misuh kok malah mau ngajak ngobrol. Jendela pun dibuka.
“Iya, ada apa Uda?”
Sambil senyum-senyum, “Maaf dik, bukan orang Bukittinggi ya?”
“Iya Uda, saya asli Jakarta, tadinya mau ke Padang, tapi malah nyasar ke Bukittinggi.” Sial nih orang malah senyum-senyum.
“Hehehe... Pantesan.”
“Lho, pantesan kenapa Uda?” bikin penasaran aja nih orang, siaaaal.
“Lampu merah ini kan memang khusus lampu merah, jadinya ya ditunggu sampai kapan pun tidak akan berubah warna menjadi kuning, apalagi hijau. Semua orang di Bukittinggi sudah tahu tentang lampu merah ini, jadi gampang ketahuan kalau Adik ini bukan asli sini. Habis, saya perhatikan dari tadi, kok mobil adik berhenti terus, seakan bingung kenapa lampunya tidak berubah warna.” Si Uda mulai tertawa terbahak-bahak.
“Saya sudah tahu kok Uda, saya tadi ketiduran di mobil,” Siaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaal, malu gueeee...

Mobil sewaan itu pun melaju tanpa memedulikan Si Uda yang masih terbahak-bahak di belakangnya.

8 komentar:

  1. sumpah gw ngakak hahahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang penulisan bukit tinggi itu gak dipisah ya? baru tau saya

      Hapus
    2. di wiki mah http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Bukittinggi gak dipisah :D

      Hapus
  2. emang beneran di Bukittinggi ada lampu merah khusus lampu merah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya gak ada mbak, kan namanya juga fiksi, hehehehehe

      Hapus