Jumat, 22 Juni 2012

Manusia Setengah Salmon by Raditya Dika




Apa hubungannya Manusia Setengah Salmon dengan Manusia Setengah Dewa? Mungkinkah Raditya Dika terinspirasi oleh Iwan Fals?

Banyak yang bilang buku ini garing, kurang suka, bahkan tidak suka sama buku ini. Bahkan ada juga yang sama sekali gak ketawa baca buku ini. Eh, tapi gw kok ngakak-ngakak aja ya? Apa gw terlalu mainstream? Hehehe...

Buku kedua dari Radit yang gw baca, sebelumnya pernah baca yang Kambing Jantan sekitar 7-8 tahun yang lalu. Dulu itu terlalu vulgar, dan Radit nulisnya masih agak ngaco. Sekarang? Tetap kecewa dengan kevulgarannya. Gagas, ada apa ini??? Sudah 2 buku dari Gagas Media yang saya baca dan mengandung kata-kata yang tidak pantas (baca review Opera Orang Kaya untuk jelasnya). Namun untuk gaya penulisan Radit, saya acungkan jempol. Banyak pesan moral yang bisa diperoleh dari buku ini. Salah satu pesan moral tersebut yaitu: Semakin tua, seharusnya kita semakin dekat dengan orangtua kita, bukan sebaliknya. Jujur aja, kata-kata itu buat gw trenyuh, inget mama disana. Selain itu, ajakan untuk move on melalui bab Manusia Setengah Salmon benar-benar keren. Semua orang pasti berubah, dan setiap perubahan itu harus kita ikuti, dan kita harus berani, seperti ikan salmon yang berani ikut arus demi mendapatkan makanan.

Namun ya, ada juga kekurangan dari buku ini. Bab-bab yang diambil dari twiter, serta interview dengan hantu itu kurang mutu, lebih baik Radit nantinya tetap menulis biasa aja di bukunya, gak usah yang kaya gitu kaya gitu. Ada satu lagi yang sangat gak bermutu: BAB 1! Gw sarankan, Bab 1 ini dihilangkan, karena gak guna banget ada disini, bikin buku ini rusak. Kalau ada yang  pertama baca bukunya Radit dan langsung disuguhi tentang tulisan di Bab 1 ini, dijamin makin males buat nerusin. Padahal bab-bab selanjutnya sangat lebih baik dibandingkan bab 1.

Well, sebenarnya bisa saja buku ini berbintang 4, namun gara-gara kekurangan di paragraf 4 tadi, saya hanya memberi rate 3,5. Buku ini layak dibaca, namun ya satu itu, lewati Bab 1! Jadi, apa ada hubungannya antara Manusia Setengah Salmon dengan Manusia Setengah Dewa? Ada kali ya, masih sama-sama manusia, sehingga pasti gak akan luput dari kesalahan, hehehe...

6 komentar:

  1. baca goodfight chris mor deh.. hahhahaha

    lebih parah

    dan terbitan gagas juga

    BalasHapus
  2. emang Bab 1 isinya apa dan..malah jadi penasaran ._.
    dudududu..

    BalasHapus
  3. main kentut dulu ah ama bokap :berbusa:

    BalasHapus