Senin, 01 Juli 2013

Dark Hollow



Dark Hollow merupakan seri kedua dari serial detektif Charlie “Bird” Parker. Buku pertama karangan John Connolly tentang Parker ialah Every Dead Thing yang terbit pada tahun 1999, sedangkan Dark Hollow ini terbit setahun kemudian. Antara buku pertama dan kedua sebenarnya tidak masalah apabila dibaca tak berurutan, kecuali itu, banyak hal-hal yang menjadi lanjutan dari buku pertama yang mungkin akan membuat pembaca agak bingung apabila langsung membaca Dark Hollow.

Saya sendiri belum membaca buku pertamanya, jadi yang saya tangkap dari tokoh Bird ini ialah bahwa ia seorang mantan polisi yang mempunyai masa lalu yang cukup kelam akibat kematian istri dan anaknya. Kedua orang tercinta Bird ini tewas dibunuh penjahat. Nah, kisah kematian dan pembunuhan ini yang ada di buku pertama, mungkin sih. Selain itu, yang tersisa dari buku pertama ialah sepasang manusia yang selalu membantu Bird dalam menangani kasus-kasus yang terjadi. Mereka ialah Louis dan Angel. Dilihat dari nama, mungkin pembaca tak akan sadar kalau mereka berdua ini ialah laki-laki. Dari buku pertama (tepatnya dari review seorang blogger), akhirnya saya mengetahui kalau mereka ini ialah pasangan gay, dimana mereka ini ialah sepasang pencuri dan penjahat.

Jalan cerita di buku ini sendiri mengenai Bird yang disewa oleh seorang wanita yang ingin menuntut hak yang belum diberikan mantan suaminya, Billy Purdue. Situasi mulai rumit ketika sang wanita beserta anaknya ditemukan tewas terbunuh. Otomatis, semua prasangka mengarah kepada Billy Purdue. Celakanya, Billy malah menghilang ketika sedang dicari. Pembunuhan yang terjadi tak sampai disitu. Seorang nenek penghuni panti jompo pun ditemukan tewas, belum lagi penculikan yang terjadi terhadap Ellen, anak dari mantan rekan Bird di kepolisian. Setelah melakukan penelusuran, Bird menemukan sebuah fakta menarik bahwa peristiwa-peristiwa yang terjadi berkaitan dengan cerita berdekade-dekade lalu yang melibatkan kakek Bird dan seorang pembunuh legendaris, Caleb Kyle. Ternyata, memang Bird sudah lama diincar, orang-orang terdekat dengan Bird terancam jiwanya, dan yang paling penting ialah fakta bahwa Caleb Kyle bukan hanya legenda, tapi ia nyata!

Sebuah novel yang murni thriller. Pembunuhan terjadi begitu mudahnya, belum lagi kekerasan-kekerasan yang terjadi, sangat khas sekali dengan film-film thriller Hollywood sana. Dengan setting di Amerika Serikat, buku ini menjadi menarik karena sang penulis merupakan seorang Irish. Hebatnya, deskripsi-deskripsi yang ia jabarkan tentang tempat di Amerika sana sangat mendetail. Bahkan, menurut saya deskripsinya terlalu mendetail, sehingga membuat bosan dan membuat buku ini terlalu tebal. Bagaimana pendeskripsian suatu tempat dan sebuah penampilan dari seseorang dibuat terlalu panjang dan mendetail, hal yang menurut saya kurang terlalu perlu. Saya berpendapat demikian karena sisi thriller dari buku ini bakal lebih cepat mencapai klimaks apabila diceritakan secara to the point. Inilah yang menjadi kekurangannya, membuat hal-hal yang mendebarkannya kurang cepat diperoleh. Dark Hollow sendiri merupakan nama sebuah tempat di Amerika. Sebuah tempat dimana pembunuhan-pembunuhan ini terjadi, baik di masa kini, maupun di masa ketika kakek Bird masih hidup, masa ketika Caleb Kyle yang legendaris sangat ditakuti.


Buku ini sendiri tidak terlalu murni thriller dan masuk akal. Dari sejak buku pertama, telah diceritakan bahwa arwah-arwah telah turut membantu dalam memecahkan sebuah kasus. Di kisah Dark Hollow ini sendiri, Bird diceritakan agak terbantu oleh penampakan-penampakan dari orang-orang yang telah meninggal mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kasus yang terjadi. Sebenarnya, saya menunggu hingga akhir penjelasan logis dari hal ini, namun nampaknya John Connolly ingin memberikan kekhasannya dalam hal tersebut, makanya tak ada jawaban logis mengenai hal ini.


Judul: Dark Hollow
Penulis: John Connolly
Tebal: 560 hal.
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2000 (1st) / 2012 (terjemahan)
Rate: 3/5

4 komentar:

  1. dan.. seharusnya dulu dirimu berkarir jadi polisi or detektif.. #salahfokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. dn-rmd.blogspot.com/2013/07/wishful-wednesday-4-every-dead-thing.html?m=1

      Hapus
    2. Salah copas x_x

      naha kitu ce?

      Hapus
  2. Buku karangan john connoly..lumayan bagus..seri charlie parker terdiri dari beberapa buku dimulai 'every dead thing'.. Selain itu ada 'bad men' yg horror..

    BalasHapus