Sabtu, 29 Desember 2012

Serapium Reading Challenge 2013



Setelah sukses dengan Serapium Reading Challenge 2012, kali ini @kaskus66 membawa event serupa dengan tantangan yang lebih cetarrr membahana dan hadiah yang lebih sesuatu. Serapium Reading Challenge 2013! Tahun lalu sih masih gak seberapa tantangannya, cuma membaca dan mereview buku yang merangkai kalimat WE ARE SERAPER. Jadi intinya, tiap bulan kita diminta membaca dan mereview buku yang judulnya mempunyai awalan huruf-huruf tersebut di atas pada setiap bulannya. Nah, kalau tahun ini, tantangan dibagi per genre per bulannya, dan inilah list saya:

JANUARI - Seraper Most Favorite Books
Misteri Pembunuhan di Usaha Tando by S. Mara Gd. kenapa buku ini? Kosasih-Gozali memang adalah cerita favorit saya, dan kebetulan buku ini juga masuk list Mistery Reading Challenge, jadi sekali minum air, haus dan lapar teratasi :)

FEBRUARI - Novel Romantis
Sebenarnya gak banget sih kalau Februari itu harus buku cinta-cintaan. Too mainstream. Tapi ya sudahlah, buku Lukisan Keempat by Rina Suryakusuma yang saya pilih. Buku ini giveaway dari @fiksimetropop dan genrenya adalah Amore, jadi ya sekalian aja deh dibaca di bulan ini. Semoga gak kaya buku biru #eh

MARET - Ekranisasi
Breakfast at Tiffany's saya pilih untuk buku yang telah difilmkan ini. Buku karya Truman Capote ini saya pilih karena tipis dan masuk list 1001. Padahal filmnya belum pernah saya tonton, hihihihi...

APRIL - Sastra Indonesia
Satu lagi buku giveaway yang saya baca di bulan ini. Kali ini adalah Lalita-nya Ayu Utami. Alasan? Sepertinya hanya buku ini buku Indonesia yang menunggu giliran baca :|

MEI - 1001 Books You Must Reads Before You Die
Ketebalan buku lagi-lagi menjadi alasan saya dalam membaca buku. Kaas dari Willem Elsschot saya pilih karena selain tipis, stigma bahwa kebanyakan buku 1001 adalah BN membuat saya tak berani memilih buku yang tebal. Daripada nanti gak selesai dibaca :P

JUNI - Thrillers, Suspense, Mysteries, Crime & Detective
Buku kedua S. Mara Gd di list tantangan ini. Misteri Alat Pembuka Amplop akan menemani saya mengarungi genre ini di bulan Juni 2013. Sama seperti di atas, sekali dayung dua tiga pulau terlewati.

JULI - Love Your Childhood
Nah ini, cocok juga dengan tantangan lain yang saya ikuti. FYE with Children's Literature. Buku Lima Sekawan: Jo Anak Gelandangan saya pilih dengan asumsi bulan-bulan sebelumnya saya telah berhasil membaca beberapa buku lima sekawan lain sebelum buku ini.

AGUSTUS - Sejarah, Perang & Militer
Tidak ada pilihan lain. Hanya buku The Things They Carried karangan Tim O'Brien yang ada di rak buku saya. Tetapi lumayan lah, sekalian menghabiskan tumpukan buku 1001 :)

SEPTEMBER - Travel Literature
Ini agak berat sebenarnya. Pemilihan buku ini agak gambling juga. 80 Hari Keliling Dunia-nya Jules Verne saya pilih untuk bulan ini. Syukurlah, saya mendapatkan giveaway dari blognya mbak Selviana rahayu, semoga saja bukunya cepat sampai. Sekali lagi, lahap 1001 :)

OKTOBER - Paranormal Romances, Sci-Fi & Fantasy
Tadinya mau pilih Congo-nya Michael Crichton, karena saya pikir fantasy sudah bukan lagi genre saya. Tapi akhirnya setelah melihat-lihat tumpukan buku, Moribito dari Nahoko Uehashi yang saya pilih. Semoga saja buku fantasi ini gak ada nephilimnya :|

NOVEMBER - Nominasi KLA
Tadinya mau pilih Edensor dan re-read, tapi kok kurang sreg ya. Jadi sementara ini pilihan saya 86-nya Okky Madasari. Kalau gak nemu bisa diganti deh sewaktu-waktu, hihihi.

DESEMBER - Buku yang Publish Tahun 2013
Kira-kira beli buku apa yaaaaaa...?



Itulah list saya. Dengan peserta yang membludak, sebenarnya tantangan ini lebih condong kepada konsistensi. Masih teringat musim lalu, awal-awalnya yang daftar banyak. Tapi akhirnya sepi juga menjelang akhir tahun. Semoga tahun ini lebih baik dan semuanya bisa konsisten. FYI, hanya itu senjata saya, bayangkan saja, di tahun 2012 ini saja review dari saya tak ada yang berhasil menang. Luar biasa!


So, Let's the challenge begin :)

2 komentar:

  1. astaga itu bahasa cetar membahana, godek-godek kepala

    buttonnya udah ada tuh, ganti gih :D

    BalasHapus
  2. Nyang mana nyang cetar? hahaha..

    belom sempet ol, tar diganti buttonnya :D

    BalasHapus