Rabu, 26 Desember 2012

It's Word Game




Telat banget deh saya baca buku ini, hihihihi... Bahkan seorang sempat mencibir di sebuah jejaring sosial gara-gara saya terlalu excited setelah membaca buku ini, padahal buku ini telah terbit beberapa tahun yang lalu, pastinya udah lama sih :|

Ah, sebenarnya banyak alasan kenapa buku ini terlalu sering saya pinggirkan untuk dibaca, selain karena ketebalannya, buku semacam ini cenderung bikin ngawang-ngawang. Jadi ya istilahnya percuma aja baca kalau lama beresnya, atau baca tapi beberapa saat kemudian lupa apa yang dibaca :))

Oke, jadi intinya buku ini bagus! Indikatornya? Fiksi yang dianggap nonfiksi itu menurut saya bagus, kenapa? Karena buku itu bisa sedemikian rupa mempengaruhi pembacanya. Entah, apa pembacanya aja kaya saya yang mudah dipengaruhi, hihihihi... Selain itu, efek dari bagusnya buku ini yaitu setelah baca kecenderungan untuk meng-googling bahasan-bahasan yang ada di buku meningkat sangat pesat. Yah, gak sekedar googling sih, tapi saya juga sampai mengunggah gambar-gambar buatan Da Vinci di jejaring sosial. The Last Supper salah satunya, err, sebenarnya ada lagi sih lukisan lainnya, tapi udah agak lupa, udah agak lama bacanya soalnya, maaf.

Yah, buku ini bisa dikatakan kontroversial, banyak banget serangan-serangan terhadap sebuah agama di buku ini. Bisa dibilang, harus kuat iman pada saat membaca buku ini. Disamping isyu tersebut, bisa dikatakan petualangan Landon dan Neveu di buku ini sangat seru. Mereka berpetualang dari satu tempat ke tempat lain dengan petunjuk minim yang diberikan oleh mendiang Sauniere. Tapi ajaibnya, walaupun minim, petunjuk dari Sauniere ini maknanya sangat luas, saling terkait dan bisa diibaratkan sambung-menyambung. Entah apa gara-gara si Sauniere ini memang sudah sangat merencanakan hal ini semenjak dia hidup atau ini hanya rekaan si Dan Brown saja sebagai penulis buku, sehingga seolah-olah memang si Sauniere ini yang merencanakannya.

Ada lagi hal menarik lain yang diberikan buku ini. Anagram. Yup, anagram. Permainan kata-kata ini sangat menarik untuk diikuti di buku ini. Mungkin  kalau tidak benar-benar jeli, pesan dari mendiang Sauniere ini tak akan terpecahkan sama sekali. Nah, apa sih anagram itu? Mudahnya, jika ada sebuah kata, maka kata lain yang bisa dibentuk dari kata tersebut bisa dibilang itulah anagramnya. Contohnya: kaset. Sekat merupakan anagram dari kaset, jadi tinggal membolak-balik kata-kata saja sebenarnya. Tapi jelas apabila lebih banyak huruf yang dimiliki sebuah kata/nama, maka akan lebih sulit lagi anagram yang dapat dibentuk. Contoh lain mungkin bisa dilihat dari nama saya, Dani Noviandi. Anagram dari nama saya salah satunya adalah “I Did an Innova”, dan anagram nama saya itu telah sukses menjadi id dari akun twitter saya, hihihihi.

Tapi tidak sepenuhnya buku ini memuaskan, kenapa? Karena saya pikir si Sauniere ini agak menyebalkan. Tak terbayangkan kalau si penjahat yang menang dan berhasil menebak seperti apa teka-teki yang dibuat oleh Sauniere ini, mungkin dia bisa garuk-garuk tembok saking kesalnya, hehe. Eh, tapi endingnya sebenarnya dalem banget lho, bisa dijadikan pelajaran buat ke depannya di dalam bidang tersebut apa yang jadi jawaban dari teka-teki si Sauniere ini. Bidang apa? Mungkin bisa dibaca sendiri bukunya biar gak terkesan spoiler dan tentunya membuat penasaran :)

Last but not least, terima kasih kepada Mbak Dewi yang telah meminjamkan saya buku yang luar biasa ini, gak sia-sia saya minjem, soalnya buku ini berkesan (bintang lima gitu loch) dan sama sekali tidak bikin ngawang :)


Judul: The Da Vinci Code
Penulis: Dan Brown
Penerbit: Serambi
Tebal: 632 hal.
Rate: 5/5

3 komentar:

  1. Biarkan aja orang mencibir.. lebih baik baca telat daripada ga baca sama sekali kan ;) *karna saya sendiri belum baca, baru nonton filmnya aja XD

    Yg penting bagaimana kita mengapresiasi suatu karya, bukannya malah berkompetisi siapa yg lebih dulu baca :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnyaaaaa.... sebelum baca ini, dani itu bilang klo ini buku tuh bikin ngawang.. eh begitu beres baca antusiasnya gak ketulungan hahahahha makanya gatel pingin nyibir

      Hapus
  2. Hehe.. iya, yg penting keseruannya bisa kita dapet.
    kalo filmnya sy lg nyari dvd-nya #eh

    BalasHapus