Jumat, 19 April 2013

Mengenal Hewan Mitologi Dunia



Menyukai kisah fantasi yang di dalamnya terdapat berbagai makhluk gaib yang termasuk di dalam mitologi-mitologi dunia? Maka bacalah buku ini, buku berjudul “Hewan-hewan dalam Mitologi Dunia” karya Hamid Bahari. Buku yang disajikan dalam halaman full color ini berisi berbagai macam hewan mitos dunia dari berbagai negara. Selain itu, gambar-gambar hewan-hewan ini pun ditampilkan disini, sehingga setidaknya rasa penasaran terhadap hewan-hewan gaib yang biasanya hanya dapat dibayangkan di dalam buku-buku fiksi dapat dilihat langsung wujudnya disini.

Penjelasan di dalam buku ini pun tentang hewan-hewan tersebut cukup mudah dipahami. Namun memang sayangnya karena keterbatasan halaman, terkadang deskripsi dan kisah-kisah hewan-hewan tersebut terkesan nanggung. Penyusunan nama hewan-hewan ini secara alfabetis pun agak menyulitkan pembaca (terutama saya) dalam mengingat-ingat hewan-hewan mana saja yang satu “keluarga”. Contohnya saja, hewan-hewan mitologi yang ditugaskan untuk dibunuh oleh Hercules. Hewan ini ada 12 macam, namun letaknya yang terpisah-pisah agak menyulitkan untuk membuat mereka semua menjadi satu, karena otomatis pembaca harus membuka kembali satu-satu nama hewan tersebut. Ada baiknya, dibuatkan satu halaman khusus tentang pengelompokkan hewan-hewan ini, semacam indeks untuk memudahkan pencarian.

Ternyata, hewan-hewan mitologi ini memang terdiri dari berbagai jenis dan bermacam-macam “keluarga”. Asalnya pun berbeda-beda. Bahkan, Indonesia pun tak mau ketinggalan, ada satu hewan mitos yang berasal dari Maluku, khususnya pulau Seram. Namanya adalah Orang Bati. Orang Bati ini sesosok makhluk menyerupai kera dan memiliki sayap seperti kelelawar. Konon, Orang Bati ini suka menyerang desa dan menculik anak-anak yang sedang makan pada malam hari, sehingga masyarakat pun takut kepada “makhluk” ini.

Tampilan yang menarik dari buku ini membuat saya memberi bintang 3 kepada buku ini. Penjelasan yang dapat lebih panjang dan spesifik, serta pengelompokkan saya yakin dapat menambah rate buku ini.


Judul: Hewan-hewan dalam Mitologi Dunia
Penulis: Hamid Bahari
Penerbit: Diva Press
Tebal: 135 hal.
Rate: 3/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar