Selasa, 09 April 2013

Skripsi Galau




Jujur, cover buku ini keren. Mirip banget sama skripsi-skripsi yang beneran ada, dalam bentuk mini tentunya. Hanya satu hal yang agak merusak penampilan cover buku ini. Itu adalah nama si penulis. Pendapat saya sih, kalau nama penulis ditulis dengan nama “benar” dan tidak menggunakan simbol baca seperti “@” dan “_”, mungkin cover buku ini akan terlihat lebih elegan.

Seperti buku sebelumnya, @rach_char ini membawa pembacanya memasuki dunia Luna Lovegood. Namun kali ini dengan embel-embel galau, tak ada lagi kata-kata Luna Lovegood seperti di buku Mars dan Venus. Penasaran apa itu dunia Luna Lovegood? Mesti dicek sendiri deh. Tapi yang jelas, apabila membaca buku ini di tempat umum, yakin deh, pasti bakal banyak yang melihat kita dengan tatapan aneh, heran, bahkan kasihan.

Oke, isi dari buku ini sendiri sepertinya memang pengalaman nyata si penulis dalam menghadapi susah dan kejamnya dunia perkuliahan, terutama dunia perskripsian. Titel Mapala yang melekat menjadikan si penulis (yang menggunakan sudut pandang orang pertama / si penulis sendiri) harus secepatnya menyelesaikan kuliahnya. Oh ya, saya sepat terkecoh dengan istilah Mapala yang ada di buku ini, saya kira ini singkatan dari Mahasiswa Pecinta Alam, eh, tak tahunya mapala ini singkatan dari Mahasiswa Paling Lama. Beralasan dong jadinya mengapa si penulis harus cepat-cepat lulus.

Isi buku ini sendiri benar-benar mirip skripsi, ada halaman pengesahan segala. Judul per bab-nya pun mengacu pada bab-bab yang biasa ada pada skripsi. Sempat skeptis juga dengan nama-nama yang ada pada halaman pengesahan, ada Suneo, Giant, bahkan Robocop! Namun, setelah membaca secara lengkap, terjawab sudah mengapa nama-nama tersebut (yang terkesan asal) ada disitu. Ternyata, si penulis mengasosiasikan diri sebagai Nobita, tokoh yang selalu tertindas. Nah, disini juga tokoh-tokoh tersebut menindas si penulis, tentunya menindas dalam hal penyusunan skripsi, mulai dari susahnya mereka ditemui, sampai akses internet yang dibatasi oleh mereka kepada si penulis. Penulis juga bercerita tentang salah satu temannya yang menurut saya begitu unik. Mengapa? Karena nama temannya itu Bunga. Yang membuatnya unik, karena Bunga itu adalah seorang lelaki. Tetapi tentu, Bunga adalah bukan nama sebenarnya.

Sayangnya, isi buku ini terkesan asal jadi. Sangat banyak kesalahan penulisan disini. Penggunaan huruf kapital terutama yang paling fatal, khususnya dalam hal penulisan nama orang. Sangat banyak nama orang yang ditulis tidak menggunakan awalan huruf kapital. Ada juga penggunaan kata-kata yang terkesan asal, seperti tidak / enggak yang penulis singkat seenaknya menjadi “g”. Bukan apa-apa, karena dalam bahasa sms, kadang ada yang menulis “g” itu untuk tidak, atau untuk “gue”. Sedikit saran untuk penulis, walaupun mungkin buku ini genrenya komedi, tetapi karena formatnya skripsi, ada baiknya kata-kata di dalamnya “dicocokkan” dengan jenis format skripsi tersebut, yah, setidaknya bahasa gaul seperti gw-lo tetapi tidak menggunakan singkatan-singkatan yang tidak perlu. Satu lagi kritik buat penulis, penggunaan kalimat-kalimat kasar yang digunakan sungguh sangat mengganggu mata. Mungkin penulis memang mau mencurahkan kekesalan hatinya, tetapi kata-kata kasar yang terucap terlalu banyak. Kembali lagi diingatkan, format ini mengacu kepada skripsi, jadi lebih baik hal semacam itu dikurangi. Cuma saran :)

Dua bintang untuk buku ini, alih-alih isinya yang begitu berantakan, namun kisah yang ada cukup menghibur dan dapat membuat tertawa sekaligus prihatin. Tetapi untunglah, akhirnya skripsinya beres juga, semoga bisa terus berkarya menciptakan buku-buku bagus lainnya.


Judul: Skripsi Galau
Penulis: @rach_char
Penerbit: nulisbuku.com
Tebal: 203 hal.
Rate: 2/5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar