Senin, 02 Juli 2012

Timeline: Mesin Waktu by Michael Crichton




Mesin waktu...

Percaya bahwa mesin waktu itu ada? Atau bahkan percaya kalau di masa depan kita benar-benar bisa menjelajah waktu? Nah, di buku Timeline inilah penjelasan fiksi ilmiahnya. Bagaimana Michael Crichton menjelaskan bahwa mesin waktu ini merupakan suatu mesin yang tercipta dari ilmu fisika kuantum, seakan dapat mempengaruhi pembaca bahwa mesin waktu itu bisa diadakan suatu hari nanti. Konsep mesin waktuu di buku ini ialah perpindahan antar semesta, jadi ketika seseorang pindah ke masa lalu, tubuh mereka diurai terlebih dahulu, baru kemudian dibentuk lagi di masa yang dituju. Well, terdengar tidak masuk akal memang, namun siapa tahu ini memang mungkin? :D karena konsepnya penguraian manusia, maka mesin ini dapat beresiko membuat manusia yang berpindah semesta tadi mempunyai tubuh yang tidak sempurna, acak-acakan susunan tubuhnya, bahkan menimbulkan kematian.

Nah, di buku ini, suatu perusahaan teknologi besar ITC yang begitu berambisi membuat teknologi baru berhasil menciptakan mesin waktu. Banyak yang telah dijadikan kelinci percobaan, baik itu manusia maupun hewan, ada yang berhasil, ada pula yang tubuhnya mengalami kekacauan sistem, sehingga tidak normal lagi. Selain itu, ada pula yang terjebak di masa lalu, tanpa bisa dikembalikan. Tapi hal ini, tidak diketahui oleh para mahasiswa yang sedang menggali reruntuhan kastil di Prancis. Mereka pun terpaksa melakukan perjalanan waktu gara-gara Profesor mereka lenyap di masa lalu, sekitar tahun 1300an, dan hanya merekalah yang harus menyelamatkannya.

Berangkatlah keempat mahasiswa tersebut. Dengan didampingi dua orang pemandu, salah seorang mahasiswa David Stern akhirnya memutuskan tidak jadi berangkat, sehingga sisa tiga temannya lah yang berangkat, Marek, Chris dan Kate. Tragedi muncul ketika mereka baru saja sampai di masa lalu. Dua pemandu mereka terbunuh seketika. Parahnya, salah satu guide itu terkirim kembali ke masa kini ketika sedang menyiapkan granat untuk dilemparkan kepada musuh. Dan terjadilah insiden itu, ketika dia sampai di masa kini, granat tersebut merusak mesin dan ruangan tempat mesin waktu tersebut berada. Tanpa ketiga mahasiswa tersebut sadari, mereka terjebak di masa lalu. Waktu yang tadinya 37 jam untuk batas menyelamatkan profesor, akhirnya menjadi tidak tentu, tetapi mereka tidak menyadarinya, karena hubungan dengan masa kini benar-benar terputus. Mereka pun tetap memutuskan menyelamatkan profesor walau tanpa bantuan guide. Sementara di dunia masa kini, David yang memutuskan tidak ikut untuk menyelamatkan profesor, berjuang memperbaiki alat dan mesin waktu ini, agar teman-temannya dapat kembali ke masa kini.

Sci-fi. Buku Michael Crichton ini buku pertama yang saya baca. Surprise juga banyak istilah-istilah fisika dan ilustrasi-ilustrasi di dalam buku ini. Seperti telah disebutkan di atas, seakan-akan Crichton mampu meyakinkan kita bahwa mesin waktu itu ada. Melihat banyaknya referensi dan daftar pustaka yang ada di belakang buku ini, bisa dibayangkan riset yang dilakukan Crichton sebelum menulis. Seakan dia ingin membuat novel ini sesempurna mungkin. Menurut saya, setting abad ke 13 di buku ini cukup real, kesannya begitu nyata dan hidup, tak sia-sia Crichton mengadakan riset dan membaca banyak referensi. Jalan ceritanya sendiri cukup sadis, karena banyaknya adegan terluka, pembunuhan dan juga kekerasan dalam buku ini. Namun itu tidak mengurangi kenikmatan kita dalam menjelajah abad ke-13.

Untuk buku Crichton pertama yang saya baca ini, saya beri bintang 4.

6 komentar:

  1. ah..akhirnya ketemu juga yang bikin review bukunya Crichton,soalnya aku cari2 ga pernah ketemu dan mau bikin sendiri susah nyari celahnya (alesan) padahal dia salah satu pengarang fave ku....tq ya reviewnya.

    maaf ya komennya panjang :D

    BalasHapus
  2. emang di GR gak ada mbak? :D

    biarin panjang juga, lebih panjang lebih baik :O

    maap kalo reviewnya jelek :(

    BalasHapus
  3. timeline bagus, endingnya juga...
    sayang filmnya nggak terlalu >_<

    kalau suka timeline rekomendasi baca sphere...

    BalasHapus
  4. jadi penasaran ama filmnya, tinggal nonton nih :D

    sphere juga ada, kayanya jadi next harus dibaca nih :D

    makasih...

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. kl blh tau film dr novel timeline ini judulnya ap ya?

    BalasHapus