Rabu, 18 Juli 2012

Telepon Seluler



Sungguh sangat beruntung saya bisa mendapatkan buku ini hanya dengan harga lima ribu rupiah saja. Kartun Indonesia yang bisa disebut kartun masa kini karena kritik sosialnya kepada pemerintah dan keadaan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lelucon pahit. Sayangnya duo penulis ini telah berpisah, jadi bisa dibilang buku yang saya dapat ini buku legendaris, karena menyatukan dua kartunis ngetop, Benny dan Mice.

Buku kali ini bercerita tentang telepon seluler atau hape. Ya, di buku ini seakan-akan Benny dan Mice menelanjangi kondisi masyarakat yang sudah sangat bergantung pada hape dewasa ini. Bila jaman dahulu yang diwajibkan tidak boleh tertinggal itu kartu kredit, maka hari ini, hape wajib harus dibawa, tidak boleh tertinggal. Tidak bisa dipungkiri, dewasa ini masyarakat tidak bisa hidup tanpa hape. Ajaibnya, buku ini ditulis pada tahun 2008, bisa dibayangkan efeknya apabila buku ini dibuat/diperbarui sekarang, mungkin ketebalan buku ini akan sangat bertambah dari yang semula hanya  106 halaman. Selain itu, fenomena 2008 tersebut masih belum terlalu parah dibandingkan sekarang, apalagi melihat fitur hape yang makin canggih, bisa makin tajam sindiran Benny dan Mice terhadap para pengguna hape.

Buku ini terbagi menjadi 6 bab utama. Jujur saja, apabila kamu membaca buku ini pasti akan berkata: “iya nih, gw banget.” Sebabnya, ini juga yang terjadi pada saya. Mulai dari cara menyimpan hape, hingga model2 hape dan penggunanya, dipaparkan dengan cara yang jenaka disini. Ada pula perkenalan tentang “hape sejuta umat”, ayo tunjukkan jari, siapa yang dahulu sangat tergila2 pada nokia 3310? Ya, tak bisa dipungkiri pula kalo nokia itu merupakan “hape sejuta umat” (dan beruntungnya saya, hape nokia 3315 – generasi 3310 berikutnya – saya masih jalan sampai sekarang). Ditunjukkan pula beberapa kekonyolan yang mungkin lazim kita temui di sekitar. Contohnya adalah penggunaan handsfree oleh sebagian orang yang masih memegang teleponnya walaupun handsfree nyantol di telinga. Contoh lainnya adalah nyasarnya pulsa elektrik akibat salah penyebutan nomer hape, sampai gaya hidup jaman sekarang yaitu: bangun tidur, langsung cuci muka, ngopi, dan main hape! (mungkin sekarang lebih parah ya, bangun tidur kuterus main hape :D). Ada juga contoh dimana beberapa gelintir manusia yang hidup hanya demi hape. Dalam artian, orang itu lebih memilih mengisi pulsanya dan lebih rela hidup pas-pasan (mandi dengan alat-alat seadanya; ngopi2 dan jajan dibayarin orang) dibandingkan memenuhi kebutuhan lainnya.

Masih banyak cerita yang menarik di dalam buku ini, dan memang sekali lagi, buku ini merupakan cerminan bangsa Indonesia sekarang ini, terutama berkaitan dengan hape. Lumayan bikin ngakak, dan cocok dijadikan teman ketika suntuk ataupun ketika sedang ngopi2. Saya rate buku ini 4,5 deh, kurang setengah gara-gara buku ini kurang panjaaaaaaaaaang.




Judul: Kartun Benny & Mice: Talk About Hape
Penerbit: Nalar
Terbit Perdana: Maret 2008
Tebal: 106 Halaman
Harga: Rp. 5000,-
Rate: 4,5 of 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar