Senin, 17 September 2012

Learn From Him




Pikiran saya langsung tertuju ke acara tapping kick any beberapa bulan yang lalu. Kris Biantoro menjadi bintang tamunya, dan buku inilah yang waktu itu dibagikan. Masih terngiang semangat beliau ketika itu, seorang MC terkenal yang namanya sangat berkibar dan tenar, tetapi akhir-akhir ini jarang terdengar, bahkan banyak yang mengira beliau sudah tak ada. Ternyata, penyakit gagal ginjallah yang menghalanginya beraktivitas. Sudah lama juga ternyata, bayangkan saja, ketika dalam masa jayanya dulu pun beliau ternyata telah terkena penyakit ini. Tebak berapa tahun? Ya, sudah 38 tahun beliau menderita penyakit ini.

Isi buku ini sendiri tak jauh dari cerita-cerita yang beliau share ketika tampil di acara itu, tetapi tetap saja sangat menakjubkan mendengarkan pengalaman-pengalaman beliau di tengah penyakit yang dideritanya. Mulai dari pengalamannya sebagai manusia yang ringan kuping, hingga perjalanan kehidupannya di masa lalu ketika jaya, hingga pengalaman pengobatannya dalam melawan penyakit ini.

Dengan bahasa yang ringan serta selipan-selipan candaan yang cukup segar, ini sangat khas beliau. Tidak terlihat sama sekali rasa semangat yang memudar dalam tulisan dan pengalaman-pengalamannya. Sempat tergolek lemah tak berdaya, tetapi beliau tetap menunjukkan rasa semangat ketika ada orang lain yang mengunjunginya. Memang, ketika di acara tapping itu pun, teriakan “merdeka” khasnya masih membahana, bahkan suaranya ketika menyanyinya pun masih lancar mengalir. Membaca di bukunya, siapa yang menyangka kalo beliau sempat terkena gejala “lupa”. Gejala ini menyebabkan beliau lupa apa-apa yang terjadi beberapa saat sebelumnya. Bahkan syair-syair lagunya pun beliau sempat lupa, sehingga beliau sempat berujar, “ini kok penyanyi lupa sama lagunya sendiri.”

Tak hanya menceritakan kisah sakitnya, Kris Biantoro pun memberi semangat kepada para penderita penyakit yang sama dengan yang dideritanya, yaitu gagal ginjal. Selain itu, di akhir setiap bab yang ditulis, beliau menuliskan tentang fakta-fakta, pesan dan saran bagi para pembacanya, terutama bagi para penderita gagal ginjal, sehingga hal ini dapat menjadi pelajaran bagi semua. Beliau juga menyampaikan pesan kepada keluarga si penderita agar tetap semangat dalam mendampingi si penderita, karena penyakit ini bukan akhir dari segalanya. Lihat saja sosok Kris Biantoro ini. 38 tahun menderita gagal ginjal, hidup dengan ginjal yang tidak sempurna, tetapi beliau tetap eksis sampai sekarang, tetap semangat, dan yang paling istimewa, tetap dapat memberi semangat kepada sesama penderita dan keluarga si penderita. Semuanya belum selesai, hingga sang Khalik mengakhiri kisah kita, maka teruslah berjuang dan bersemangat, pasti bisa.


Judul: Belum Selesai
Penulis: Kris Biantoro
Penerbit: Sahabat Krisbiantoro Publishing
Tebal: 170 Hal.
Terbit: 2011
Rate: 4/5

4 komentar:

  1. salut ya biarpun sakit yg tidak ringan tapi tetap bersemangat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, gak terlihat sama sekali di buku itu kalo beliau sedang sakit parah :)

      Hapus
  2. Reviewnya keren.
    Jadi kepingin sama buku ini. Beli dimana, Dan?

    Btw gmn caranya bisa bikin layout blog kayak gini? Yg latar belakangnya Inter gitu?

    BalasHapus
  3. nah itu dia masalahnya. buku ini dapet dari acara Kick Andy itu. dan ada tulisannya, hanya untuk kalangan terbatas, jadi sepertinya ya belom ada di TB. tapi gak tau juga sih :)

    lah, masa senior blogging nanya ke saya? gak salah nih? :O

    ini kan cuma diganti backgroundnya aja :)

    BalasHapus