Laman

Kamis, 23 Mei 2013

Nganggur? Galau Lagi...




Ini adalah sekuel dari buku Skripsi Galau. Ya, setelah lulus kuliah, @rach_char ternyata masih saja galau. Menurut saya sih ya, galau ketika nganggur itu lebih parah ketika skripsi, karena saya juga mengalaminya, setengah tahun jadi pengangguran #curhat. Judul buku ini adalah Nganggur Galau. Masih dengan format Luna Lovegood-nya, dan masih juga membuat saya enggan membaca buku ini di tempat umum. Buku ketiga @rach_char ini juga masih tanpa editor, sebab masih banyak typo parah dan penggunaan teknik penulisan yang masih berantakan juga. Tapi semoga saja setelah buku ini, selanjutnya dapat dibuat sebuah karya dengan memperhatikan kerapihan kata-kata dan penyusunan kalimat.

Cerita buku ini ya mengenai seorang ex-mahasiswa yang telah lulus kuliah dan sedang galau karena tak kunjung mendapat pekerjaan. Saya kira kisah ini merupakan cerminan hampir sebagian besar ex-mahasiswa di Indonesia, ironis tapi nyata. Mengapa saya berpendapat demikian? Karena kisah-kisah di buku ini saya alami juga, dan saya yakin yang lainnya juga sedikit banyak mengalami. Pengalaman yang dituangkan di buku ini seputar bagaimana keadaan Job Fair, bagaimana ketika tes kerja, sampai bagaimana ketika orang-orang yang agak rese bertanya: kapan kerja? #huh.

Membaca buku ini juga dapat membawa pembaca bernostalgia ke masa-masa kegelapan itu (baca: masa pengangguran). Bagaimana sulitnya mencari pekerjaan, bagaimana sulit dan ribetnya tes-tes yang harus diikuti ketika dapat panggilan kerja, bagaimana perjuangan memikat para penginterview, sampai bagaimana beradaptasi di lingkungan kerja yang baru.

Cukup menghibur, itulah kesan saya selanjutnya. Walaupun memang masih banyak umpatan-umpatan kasar di buku ini, gak beda jauh dengan Skripsi Galau. Kasar disini dalam arti sebenarnya, jadi menurut saya memang agak mengganggu penggunaan kata-kata tersebut. Satu hal positif yang kini terlihat dari gaya penulisan @rach_char ialah adanya pelajaran yang dapat dipetik dari buku ini. Bagian akhir buku ini maknanya dalam, jadi isi buku ini tidak selalu candaan, ada juga pesan moral yang terkandung di dalamnya. Well done Char, semoga karya selanjutnya selalu lebih baik.


Judul: Nganggur Galau
Penulis @rach_char
Penerbit: nulisbuku.com
Tebal: 145 hal.
Rate: 3/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar